Perawatan Burung Blackthroat

Perawatan Harian burung BlackThroat

Burung blackthroat akan mampu mengeluarkan suara kicauan yang indah jika keadaannya benar-benar sehat dan mendapatkan perawatan yang tepat.

Tentunya perawat burung ini akan merasa bangga apabila burung ini mampu berkicau dengan merdu dan bervariasi serta dalam keadaan yang sehat.

Performa burung blackthroat bisa menurun jika burung ini mendapatkan perawatan yang tidak tepat seperti kondisi sangkar yang tidak tepat ataupun pola makan yang salah.

Jika mendapatkan perawatan yang salah burung blackthroat yang tadinya memiliki suara yang keras dan merdu tiba-tiba tidak mau berkicau lagi, malas dan lemas.

Suara kicauan burung blackthroat bisa menandakan bahwa wilayah tersebut adalah daerah kekuasaannya, untuk menarik perhatian blackthroat betina ataupun sebagai tanda terima kasih pada perawatnya.

 

a. Sangkar

Untuk sangkar burung blackthroat sebaiknya pilih yang memiliki ukuran yang proporsional. Ukuran sangkar yang sangat besar kurang sedap untuk dipandang mata walaupun baik untuk burung.

Di sisi lain ukuran sangkar yang terlalu kecil akan membuat burung malas untuk berbunyi, rentan mengalami kegemukan, dan rentan terkena penyakit karena akan malas untuk bergerak.

Ukuran sangkar yang ideal untuk satu ekor burung blackthroat adalah 30 cm x 30 cm x 50 cm. ukuran sangkar ini cukup leluasa untuk bergerak dan memiliki ruang yang cukup untuk menaruh pakan yang bermacam-macam.

Selain itu ukuran tersebut mampu mencegah kegemukan pada burung yang sedang dalam keadaan mabung. Dan yang tidak kalah penting adalah jangan menaruh sangkar di tempat yang memiliki suhu atau kelembaban yang terlalu ekstrim.

Jangan lupa untuk selalu mengawasi kebersihan sangkar. Bekas makanan sisa atau tinja burung dalam sangkar harus dibersihkan setidaknya 2 hari sekali supaya burung tidak mudah terkena penyakit.

Sangkar juga harus dilengkapi dengan perlengkapan standar yang terdiri dari :

  1. Tenggeran.

Supaya burung bisa hinggap dan terbang di tempat yang berlainan maka sebaiknya sediakan 2 tenggeran di dalam satu sangkar.

Untuk sangkar lokal sebaiknya menggunakan tenggeran yang terbuat dari kayu asam, sedangkan untuk sangkar impor sebaiknya menggunakan tenggeran yang terbuat dari plastik yang dirancang khusus agar kaki blackthroat tidak tergelincir ketika mencengkeramnya.

Usahakan tempat makanan burung tidak berdekatan supaya burung terus bergerak sehingga kesehatannya terjaga.

  1. Tempat makan bijian.
  2. Tempat minum.
  3. Tempat menggantung sotong.
  4. Penjepit buah-buahan atau sayur-sayuran.
  5. Tempat telur puyuh.

 

b. Makanan

  • Biji-bijian

Makanan alami burung Blackthroat adalah buah-buahan, biji-bijian, daun-daunan atau sayuran. Namun burung ini bisa anda berikan extra fooding supaya mendapatkan asupan gizi dan nutrisi yang lebih baik.

Makanan biji-bijian mengandung lemak nabati, karbohidrat untu memberikan tenaga, dan memiliki kalori dan gizi yang cukup tinggi untuk memebuhi kebutuhan gizinya.

Jenis biji-bijian yang bisa diberikan untuk burung blackthroat antara lain :

1. Jewawut 40%

2. Cannary Sheed  35%

3. Milet 5-10%

4. biji Sawi 5-10%

5. Niger 2%

6. Biji lobak 3%

  • Daun-daunan, sayur-sayuranan dan buah-buahan

Jenis sayuran yang baik untuk burung blackthroat adalah sayuran yang tidak terlalu banyak mengandung serat karena jenis sayuran ini akan membuat saluran pencernaan burung lebih mudah untuk mencernanya, misalnya daun singkong.

Supaya burung blackthroat anda tidak mengalami kegemukan, dalam sehari  anda bisa memberi pakan sebanyak 2 sendok teh lalu diselingi dengan pemberian selada, sawi putih, daun ginseng, dan oyong secara bergantian setiap hari. Anda juga bisa memberikan buah apel satu kali dalam 2-3 hari.

Anda juga bisa menambahkan madu pada minuman (dicampur) atau mengoleskannya pada buah-buahan atau sayur-sayuran.

 

Jenis sayuran lain yang bisa diberikan ke burung blackthroat adalah  :

1. Sawi Putih

2. Selada Air

3. oyong

4. apel

5. Slada

 

  • Protein Hewani

Burung blackthroat membutuhkan protein hewani terutama dalam masa pertumbuhan untuk kelancaran masa perkembangan sekaligus menjaga kesehatan dan kebugarannya.

Untuk memperlancar proses pencernaan dan memenuhi kebutuhan kalsium anda bisa memberikan grit atau sotong pada burung blackthroat.

Kuning telur ayam dan telur puyuh merupakan extra fooding yang sangat cocok bagi burung blackthroat. Pemberian extra fooding ini bisa diberikan 2-3 kali dalam satu minggu.

Cukup banyak literatur yang menyarankan pemberian kroto namun pemberian kroto dalam jumlah yang terlalu banyak bisa mempercepat kerontokan bulu.

Protein hewani yang bisa diberikan ke burung blackthroat adalah :

1. Kroto

2. Telur puyuh

3. Kuning telur ayam

 

  • Vitamin tambahan

Makanan yang anda berikan ke burung blackthroat adakalanya belum mampu memenuhi kebutuhan vitaminnya, maka dari itu sebaiknya anda juga memberikan suplemen vitamin untuk menjaga kesehatan dan kebugarannya.

Selain itu pemberian suplemen vitamin juga mampu mencegah stres yang kemungkinan disebabkan oleh perubahan suhu yang terlalu ekstrim. Anda bisa mendapatkan suplemen vitamin burung di toko burung.

 

c. Mandi dan dijemur

Meski tidak dilakukan dengan intensitas yang terlalu lama namun mandi dan penjemuran merupakan syarat yang mutlak bagi burung blackthroat  untuk  menghilangkan bibit penyakit yang ada dalam sangkar.

Selain itu burung akan mendapatkan vitamin D bila sering dijemur dan burung akan terbebas dari kutu apabila rutin dimandikan dan dijemur.

Waktu yang baik untuk menjemur burung blackthroat adalah antara jam 7 pagi hingga jam 10 pagi dengan intensitas waktu 1-2 jam. Jika burung blackthroat sudah membuka mulutnya dan menunjukkan gejala gelisah maka tandanya masa penjemuran sudah cukup.

Sebaiknya sediakan air yang banyak di tempat yang cukup lebar jika ingin menjemur burung blackthroat karena burung ini suka mandi di tempat minuman.

Sebaiknya beri tempat mandi atau cawan yang berukuran 6 x 12 cm yang bisa anda dapatkan di pasar burung jika anda khawatir air minum burung terkena tinja atau menjadi kotor. Anda bisa mengambil tempat mandi jika anda sudah memandikan dan menjemur burung anda.

Anda bisa menggunakan handsprayer untuk menyemprot jika burung anda tidak terbiasa mandi dengan menggunakan wadah mandi. Untuk membuat bulu burung menjadi lebih mengkilat anda bisa menambahkan cairan khusus pada cairan semprotan.

 

d. Pemasteran

Istilah pemasteran adalah memasukkan suara burung yang dinilai memiliki suara yang sangat bagus supaya bisa ditiru oleh burung yang dimaster (burung maskot).

Untuk menambah variasi kicauan burung blackthroat anda bisa melakukan pemasteran. Selain untuk menambah variasi,  pemasteran juga mampu menambah keindahan suara yang tentunya sangat berguna untuk lomba burung.

Sebelum memaster Blackthroat untuk keperluan lomba sebaiknya burung Blackthroat harus memiliki ciri-ciri dasar sebagai berikut :

  1. Memiliki karakter suara yang tebal, keras dan bening serta kristal.
  2. Ketika berhadapan dengan musuhnya burung blackthroat akan membuka sayapnya.
  3. Ketika berhadapan dengan lawan burung blackthroat tidak menempel di jeruji dalam waktu yang lama.
  4. Memiliki postur badan yang tegap gagah dan berkicau kepalanya sambil ke kiri dan ke kanan.
  5. Tidak memiliki cacat fisik dan memiliki postur badan yang serasi.

 

  • Master bagi Blackthroat

Master yang cocok bagi burung blackthroat adalah burung yang memiliki suara dasar yang hampir sama dengan karakter burung blackthroat, yaitu memiliki suara yang nyaring, keras, tebal dan speed yang baik.

Anda bisa menggunakan burung Herda Sanger untuk melatih speed blackthroat. Namun jika anda ingin blackthroat memiliki suara crecetan kasar maka anda bisa menggunakan Love Bird, Jalak Suren, Ciblek, Prenjak, burung gereja dan awalan branjangan.

Bagi yang ingin memasukan suara kenari, blackthroat juga dapat menirukan suara kenari, hanya saja beberapa orang tidak suka jika Blackthroat masuk suara kenari namun tidak berlaku sebaliknya.

Anda juga bisa menggunakan jenis Anis untuk keindahan suara master. Pemilihan burung master tentunya harus berasal dari minat dari anda sendiri. Dengan demikian tentunya anda bisa menghindari master yang tidak kita inginkan.

Menjaga jarak aman saat pemasteran merupakan sesuatu yang sangat penting, misalnya burung jalak. Mengingat burung jalak memiliki suara yang sangat keras maka sebaiknya memaster dengan jarak sekitar 5-7 meter agar burung blackthroat tidak malah menjadi stres.

Saat burung masih piyik atau ketika sedang mabung merupakan saat yang tepat untuk pemasteran. Berhasil atau tidaknya pemasteran tergantung dari kecerdasan burung dan ketelatenan anda.

 

e. Masa Mabung

Proses ganti bulu merupakan proses alami yang terjadi pada semua jenis burung yang biasanya terjadi karena perubahan kondisi yang mendadak atau memang burung memasuki masa pergantian bulu.

Selain untuk merecovery bulu yang sudah usang dan tua pergantian bulu juga merupakan proses alami burung dalam menghadapi perubahan dan masa umur burung.

Pada saat ganti bulu burung akan mengalami suatu masa yang sangat menyiksa, pada saat seperti itu maka dibutuhkan perawatan yang lebih intensif. Burung akan lebih pasif, ada yang berhenti berkicau dan jika tidak dijaga dari udara jahat maka akan mudah terserang penyakit.

Untuk mengatasinya maka burung harus diberi makan tambahan. Anda bisa memperbanyak pemberian pakan jenis biji-bijian. Burung juga perlu diberi makanan yang mempunyai kandungan mineral tinggi, seperti tulang cumi (sotong).

Karena proses pergantian bulu maka burung akan lebih sensitif terhadap perubahan cuaca, maka burung harus ditempatkan pada ruangan dengan kondisi yang sejuk dan menghindari dari gangguan lingkungan seperti suara burung lain yang terlalu keras, gigitan nyamuk, kucing, tikus, dan suara bising yang lain.

Pertumbuhan tubuh dan pertumbuhan bulu serta telur semuanya diatur oleh kelenjar yang disebut dengan kelenjar buntu (tiroid). Kerja kelenjar ini dipengaruhi oleh kondisi lingkungan dan suplai pakan.

Penurunan kelenjar tiroid dapat terjadi karena perubahan kondisi yang ekstreem secara mendadak seperti dari musim kemarau ke musin hujan dan sebaliknya atau akibat stress.

Akibatnya burung menjadi lemas dan menyebabkan penumpukan lemak pada masa inilah burung akan mengalami kerontokan bulu.

Suatu saat kelenjar tiroid akan kembali pada keadaan normal. Pada saat demikian burung akan melanjutkan pertumbuhannya secara lengkap. Selanjutnya proses kerontokan akan berhenti.

Namun jika kelenjar tiroid melebihi batasan nomal maka burung akan berhenti rontok bulu tanpa melanjutkan pertumbuhan bulunya hingga sempurna. Peristiwa ini sering disebut dengan kerontokan bulu tidak sempurna (moulting)

yang perlu diperhatikan adalah Jangan gunakan sangkar yang terlalu kecil pada saat Blackthroat berada pada kondisi mabung, karena akan menyebabkan burung menjadi gemuk.

Saat mabung merupakan saat yang tepat untuk memaster burung, karena pada masa ini burung menjadi pasiv. Mereka menyimak apa yang ada disekelilingnya.

penggunaan kerodong juga berfungsi agar burung yang sedang dimaster tidak melihat masternya, karena beberapa burung enggan untuk menirukan suara master jika diketahui bahwa suara tersebut bukan berasal dari jenisnya.

 

f. Permasalahan pada Blackthroat

Ciri – ciri burung Blackthroat yang sedang mengalami gangguan kesehatan dapat dilihat dari perilaku sebagai berikut :

  • Biasanya hanya duduk diatas tangkringan dan malas bergerak
  • Intensitas suara jauh berkurang
  • Terdapat bulu halus yang mencuat keluar, namun bukan dikarenakan burung tersebut akan memasuki masa kerontokan bulu
  • Hidung berlendir
  • Terlihat seperti sedang mengantuk atau mata bengkak
  • Perubahan warna pada kotoran (peses burung) biasanya menjadi mencret
  • Salah satu anggota badan sulit untuk digerakkan
  • stres

Jika burung Blackthroat mengalami salah satu permasalahan diatas, maka dapat diindikasikan bahwa burung tersebut sedang mengalami gangguan kesehatan. Perawatan yang intensif dan pemberian obat-obatan serta vitamin perlu diberikan.

Stres bisa terjadi karena perubahan kondisi lingkungan, karena perjalanan yang jauh, trauma setelah diterkam kucing, mendengar suara burung atau suara lain yang sangat kencang, dan sebagainya.

Pada burung Blackthroat yang mengalami stress, cara terbaik adalah dengan memisahkan burung tersebut ke tempat yang tenang dan sepi dijauhkan dari kebisingan dan kicauan burung lain. Bisa juga didekatkan dengan blackthroat betina.

Penggunaan obat anti stres juga dianjurkan. Pemberian kroto sebaiknya tidak diberikan terlalu banyak karena kroto bersifat panas yang bisa menyebabkan kerontokan bulu.

 

Tentang iklan-iklan ini


Kategori:Agrobisnis

Tag:, , , , , , , , ,

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 511 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: